Sunday, December 21, 2014

SUMUT perkebunan kelapa sawit terluas kedua di Indonesia

Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) tercatat sebagai Provinsi dengan luas wilayah areal perkebunan kelapa sawit terbesar kedua di Indonesia, setelah Provinsi Riau. Sumut tercatat memiliki 1,1 juta hektare (ha) kebun kelapa sawit. Jumlah itu mencapai 24 persen dari total wilayah daratan Sumatera Utara, yang mencapai 72 ribu km persegi.

Riau saat ini memimpin jumlah wilayah perkebunan kelapa sawit mencapai 2 juta hektare. Diharapkan dengan berjalannya proyek MP3EI, di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, SUMUT mampu menyusul Propinsi Riau di urutan pertama. Karena ada rencana penambahan hingga mencapai 1,8 juta ha lahan kelapa sawit di SUMUT seperti diucapkan oleh Kepala Dinas Perkebunan Sumut, Herawati. 

Herawati menambahkan, penambahan jumlah lahan perkebunan sawit hanyalah salah satu rencana pemerintah Sumatera Utara di sektor perkebunan. Pemerintah juga akan terus mendorong terus munculnya inovasi dan teknologi mesin-mesin pengelola kelapa sawit, sehingga hasil produksi bisa dinaikkan, tetapi dengan biaya yang lebih efisien.
"Penambahan luas kebun ditambah dengan inovasi alat pengolahnya, akan membuat Sumatera Utara lebih sejahtera. Tapi tentunya harus dibarengi dengan pendirian industri hilir yang baik," paparnya.
SUMUT perkebunan kelapa sawit terluas kedua di Indonesia
SUMUT perkebunan kelapa sawit terluas kedua di Indonesia

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Saran yang membangun dari Anda sangat KAMI harapkan.

Silahkan isi KOMENTAR anda yang membangun untuk kemajuan dan koreksi di blog ini.No Sara, No Racism